Pengertian Ready Mix dan Mutu Beton

Pengertian ready mix concrete dan mutu beton ini salah satu rangkuman mengenai definisi tentang material, komposisi, mutu serta spesifikasi lainnya. Kami juga ulas mengenai pengertian beton minimix

Selanjutnya dari berbagai sumber penjelasan mengenai pengertian ready mix dan mutu beton ini kami coba rangkum menjadi satu sebagai bahan pendukung dalam pemasaran maupun pengetahuan dalam dunia beton readymix.

Pengertian ready mix dan mutu beton yang kami buat ini merupakan rangakaian definisi atau deskripsi tentang ready mix sebagai rujukan.

Hal itu untuk memudahkan pembaca dalam memahami apa itu ready mix dan bagaimana proses ready mix dalam produksi maupun teknis lainnya.

Pengertian Beton

DEFINISI dan PENGERTIAN BETON

Beton adalah salah satu material bangunan yang terbuat dari pencampuran aggregat dan semen sebagai pengikat. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen portland, yang terdiri dari agregat mineral (kerikil dan pasir), semen dan air

Pengertian beton adalah suatu bahan konstruksi yang digunakan untuk kepentingan pembangunan yang terbuat dari komponen-komponen pendukung beton yaitu, semen, gravel, air dan zat additive sebagai tambahannya.

Pengertian Ready Mix Concrete

Ready Mix adalah istilah untuk beton yang telah di-blend dengan rangkaian bahan material terdiri dari pasir dengan formulasi khusus.

Pengolahan formulasi khusus dilakukan di Batching Plant hingga menjadi beton cor siap pakai dan jadilah beton bermutu siap “disajikan” pada area proyek yang diinginkan.

Pengolahan ready mix berbeda dengan pembuatan beton cor yang biasa dilakukan oleh para pekerja bangunan biasa, dalam memberikan takaran yang kadang disesuaikan dengan selera.

Pembuatan campuran ready mix dilakukan oleh para ahli khusus di bidang mixing, sehingga dapat menghasilkan mutu beton yang berkualitas tinggi.

Pembuat adonan beton bermutu tinggi disebut mix design, perancang, formulator sekaligus penentu kekekuatan beton yang dibuat.

Dalam pencampuran material-material beton yaitu krikil, pasir dan semen juga biasa diberi zat tambahan khusus yaitu admixture

Kegunaan beton ready mix dapat ditinjau dari beberapa aspek kegunaan antara lain beton non struktural, beton struktural dan beton pratekan/prategang.

Pengertian Ready Mix

Pengertian Mutu Beton

Merujuk pada Pengertian Ready Mix dan Mutu Beton merupakan klasifikasi kegunaan beton itu sendiri yang terdiri dari beberapa karakteristik juga menyatakan kekuatan tekan luas bidang permukaan.

Mutu Beton dengan fc’

Beton dengan mutu fc’ 25 menyatakan kekuatan tekan minimum adalah 25 MPa pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan silinder beton diameter 15 cm, tinggi 30 cm. Mengacu pada standar SNI 03-2847-2002 yang merujuk pada ACI (American Concrete Institute).
1 MPa = 10 kg/cm2

Mutu Beton dengan Karakteristik

Beton dengan mutu K-250 menyatakan kekuatan tekan karakteristik minimum adalah 250 kg/cm2 pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan kubus beton ukuran 15x15x15 cm. Mengacu pada PBI 71 yang merujuk pada standar eropa lama. Disini kita tidak bisa langsung mengatakan 25 MPa sama dengan K-250

Perbandingan fc’ dan K

Dengan perbandingan kuat tekan benda uji :

  • Kubus 15x15x15 cm = 1,00
  • Kubus 20x20x20 cm = 0,95
  • Silinder 15×30 cm = 0,83

Contoh :
Mutu beton fc’ 25 MPa (benda uji silinder), mutu beton K berapa? Apabila benda uji kubus 15x15x15 cm
Kuat tekan = 250 kg/cm2 : 0,83 = 301,20 kg/cm2 ~ K-300.

KLASIFIKASI KEGUNAAN BETON BERDASARKAN MUTU

Mutu beton berdasarkan karakteristik beton dalam praktek di lapangan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Beton Non Struktural

Beton non struktural adalah pekerjaan pengecoran beton yang tidak mengandung secara langsung unsur strukutral antara lain besi sebagai bahan penulangan cor beton. Mutu beton non struktural atau juga disebut beton kelas I antara lain: K-B0 (Nol) K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200

Beton Struktural

Beton struktural adalah jenis beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam adukan corannya, beton struktural juga meliputi pekerjaan pembesian dan pekerjaan pengecoran beton. Sedangkan pekerjaan lainnya yang sering berubungan dengan pekerjaan beton adalah pekerjaan peynyusunan struktur baja, bekisting beton, finishing beton, pondasi beton, pasangan bata dan lain sebagainya.

Mutu beton struktural juga disebut beton kelas II yang terdiri dari beberapa kelas antara lain: K-225, K-250, K-275 dan K-300.

Beton Prategang

Beton prategang adalah perpaduan antara beton dan baja, sedangkan beton merupakan materi yang memiliki daya kekuatan tekan yang tinggi akan tetapi kekuatan tariknya rendah. Disamping itu baja memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi. Dengan kombinasi antara kekuatan beton dan baja maka akan menghasilkan struktur yang kuat terhadap beban tekan dan beban tarik. Mutu beton pratekan ini juga disebut kelas III yang terdiri dari beberapa karakteristik kelas antara lain:  K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500.

Dari sumber-sumber yang kami dapat mengenai peng-kelasan mutu beton ini maka dapat dikategorikan selain yang disebutkan diatas tersebut, adapun beton jika dilihat dari kelas dan mutunya adalah sebagai berikut:

  1. Klas A ( K 500)
    Kegunaan dan peruntukan kelas ini adalah untuk beton untuk precast atau prestressed
  2. Klas P ( K450 )
    Kelas jenis beton ini kegunannya untuk rigit, jalan klas 1 atau jala negara dan jalanl tol)
  3. Klas B ( K350 )
    Jenis Beton kelas ini diperuntukan untuk lantai biasanya lantai dasar bangunan pabrik
  4. Klas K 300 (Lihat harga ready mix k 300)
    Beton untuk kontruksi bangunan ruko / rumah bertingkat 3 lantai s/d 5 lantai
  5. Klas K 250
    Konstruksi bangunan bertingkat dua lantai, ruko/ rumah tinggal / standar.
  6. Klas K 225 (mobil standar) konstruksi bangunan bertingkat dua lantai, ruko/ rumah tinggal. lihat juga harga ready mix k 225
  7. Klas 225 ( MINI MIX / mobil kecil) kontsruksi bangunan bertingkat dua lantai, ruko/ rumah tinggal.
  8. Klas D ( K 175 ) konsruksi bangunan ringan.
  9. Klas E ( K 125 ) konsruksi LC/ lantai dasar
  10. Klas BO konsruksi LC/ lantai dasar.

Tabel Mutu Beton Konversi dari Mutu K ke Mutu Fc’ Berdasarkan SNI 2013

Untuk lebih terperinci berikut ini kami cantumkan tabel mutu beton tanpa campuran fly ash (NFA), selengkapnya dibawah ini

NO.MUTU KMUTU Fc (Mpa)
1K100fc 8,3 mpa
2K-150fc12.35 mpa
3K-175fc 14.53 mpa
4K-200fc 16.60 mpa
5K-225fc 18.68 mpa
6K-250fc 20.75 mpa
7K-275fc 22.83 mpa
8K-300fc 24.90 mpa
9K-350fc 29.05 mpa
10K-400fc 33.20 mpa
11K-450fc 37.35 mpa
12K-500fc 41.50 mpa
Pengertian Mutu Beton

Pengertian Site Mix

Definisi ready mix diatas telah kami jelaskan secara terperinci, selanjutnya muncul pertanyaan apa perbedaan ready mix dan site mix?

Sitemix adalah melakukan pencampuran (mix design) beton cor dilokasi proyek pengecoran, sebenarnya pekerjaan ini hampir sama dengan yang dilakukan di batching plant, permasalahan ini dilakukan disebabkan tidak terjangkaunya armada truk molen ke lokasi proyek yang sedang dikerjakan.

Dengan berkembangnya teknologi, manusia menjadi dipermudah dalam melakukan berbagai aktivitas di segala bidang, termasuk bidang pembangunan atau konstruksi. Secara spesifik, contoh berkembangnya teknologi dalam bidang ini dapat dilihat dalam penggunaan Ready Mix Concrete yang perlahan-lahan menggantikan beton Site Mix. Kedua-duanya sama-sama membuat campuran beton.

Sebelum membahas jenis pengolahan beton lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui apa maksud dari kata ‘Mix’ pada kedua istilah yang telah disebutkan di atas. Istilah ‘Mix’, yang dalam Bahasa Inggris berarti ‘campuran’, merujuk pada kegiatan mencampur berbagai macam bahan dan material semen untuk pembuatan beton. Lantas, apa perbedaan antara Site Mix dan Ready Mix?

Site Mix, atau yang dalam Bahasa Indonesianya diartikan sebagai ‘campuran di tempat’ merupakan campuran beton yang dikerjakan secara manual langsung pada tempat pembangunan atau konstruksi dilaksanakan. Biasanya, metode ini dipilih untuk tingkat konstruksi kecil yang tidak terlalu membutuhkan banyak jenis bahan atau beton dalam volume yang besar.

Baca juga: Harga Pagar Panel Beton

Perbedaan Readymix dan Site-Mix

Kontras dengan pengertian tersebut, Ready Mix merupakan istilah yang digunakan untuk metode pengolahan atau pencampuran bahan dan material beton yang dikerjakan oleh mesin. Metode ini dapat dikerjakan langsung di tempat konstruksi, ataupun pada tempat khusus untuk pengolaha yang diberi nama Batching Plant. Biasanya metode ini digunakan untuk pembangunan megastruktur.

Perbedaan Site Mix dan Ready Mix Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Site Mix merupakan metode lama yang digunakan oleh para ahli bangunan untuk mencampur material beton dan pengecoran, sedangkan Ready Mix merupakan metode baru yang memanfaatkan mesin yang dioperasikan tenaga manusia. Tentu saja, masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Beton Site Mix

Yang lama bukan berarti tidak berguna. Istilah tersebut tepat untuk menggambarkan pemanfaatan metode Site Mix pada mencampuran coran di bidang konstruksi. Tentu saja segala jenis metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lewat penjelasan di bawah ini, anda dapat menyimak apa saja kelebihan dan kekurangan metode Site Mix di bidang konstruksi.

Kelebihan

  • Dapat digunakan untuk pembangunan skala kecil.
    Proses pengolahan yang menggunakan metode Site Mix cenderung lebih mudah dikerjakan pada konstruksi yang berskala kecil, seperti misalnya pembangunan rumah tinggal dan ruko sederhana. Hal ini disebabkan karena konstruksi skala kecil tentunya tidak memerlukan bahan material campuran dalam jumlah besar, sehingga akan lebih baik dikerjakan secara manual.
  • Harga keseluruhan lebih murah.
    Pemanfaatan mesin dalam Ready Mix Concrete tentu saja memerlukan banyak biaya. Sedangkan, pada metode pengolahan Site Mix, anda hanya memerlukan satu hingga 2 alat pencampur atau yang lebih dikenal dengan istilah molen untuk melakukannya. Dengan demikian, harga yang dikeluarkan untuk operasional tentu jauh lebih murah daripada penggunaan mesin skala besar.
  • Dapat dikerjakan oleh tenaga bukan ahli.
    Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, karena hanya menggunakan peralatan pencampur sederhana seperti molen, metode Site Mix dapat dilakukan bahkan oleh tenaga bukan ahli. Sisi positifnya, metode ini menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan lebih dalam hal mesin namun masih mempunyai tenaga

Baca juga: Harga Ready Mix

Kekurangan

  • Tidak dapat mengolah bahan dalam jumlah besar.
    Di satu sisi, metode ini bukanlah pilihan yang tepat untuk mengerjakan proyek konstruksi skala besar, karena akan dibutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan pencampuran material dibandingkan dengan proyek skala kecil.
  • Memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama
    Tidak sama dengan mesin yang dapat diprogram, Beton Site Mix menggunakan tenaga manusia. Sehingga, kualitas dan waktu pengerjaan sepenuhnya bergantung pada kondisi tenaga manusia yang mengerjakannya.

Anda sedang ada proyek pengecoran dan butuh steger? lihat penawaran harga di harga sewa scaffolding

Beton Bertulang

Selain menjelaskan tentang pengertian ready mix dan mutu beton disini kami juga sedikit mengulas mengenai beton yang memiliki tulang.

Tidak hanya makhluk hidup yang memiliki tulang, beton juga memiliki struktur tulang yang tentunya telah melalui perancangan secara khusus.

Beton bertulang atau reinforced concrete adalah beton pracetak (precast concrete) yang dibuat dengan menggunakan cetakan tertentu (disesuaikan peruntukannya).

Diantara produk beton bertulang antara lain, U Ditch, Box Culvert, Pagar Panel plus kolomnya, Kanstin, Road Barrier dan dapat dibuat secara kustomisasi tergantung kebutuhan konstruksi yang dibuat

Bagi anda yang memerlukan produk precast U Uditch silakan klik pada tautan harga u ditch

RC Box Culvert

Satu lagi beton jenis beton precast untuk kebutuhan masih sekitaran gorong-gorong atau drainase, box culvert berbentuk menyerupai kubus ini berfungsi juga untuk jembatan.

Silakan klik pada link dibawah ini untuk lebih detail mengenai spesifikasi serta penjelasan lainnya

Penawaran Beton Precast Box Culvert: harga box culvert

BETON MINIMIX

Minimix adalah beton cor yang diangkut dengan menggunakan armada truk molen berukuran kecil atau colt diesel dengan daya angkut berkapasitas sepertiga lebih kecil dari truk molen beton pada umumnya atau 2,5 m3/kubik.

Pengertian Minimix dalam Ready Mix Concrete

Pengertian Minimix dalam Ready Mix Concrete adalah produk ready mix unggulan dari perusahaan semen dan produsen beton ready mix Holcim.

Beton Minimix hanya sekedar istilah saja yang mana sudah menjadi trade mark dari prusahaan Holcim, berikut ini penjelasan secara resmi dari Holcim mengenai regulasi ready mix dengan menggunakan truk berukuran mini tersebut.

MiniMix Holcim

MiniMix merupakan layanan terbaru kami untuk armada truk pencampur beton kami. Memiliki ukuran sepertiga lebih kecil dari ukuran truk pencampur yang biasa sehingga MiniMix dapat dengan mudah melalui jalan yang kecil, sangat cocok untuk rumah tinggal, toko-toko dan proyek konstruksi skala kecil.

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh MiniMix adalah :

  1. Praktis
    Anda dapat memesan beton jadi kualitas tinggi dalam jumlah yang kecil sekitar 1 sampai 2,5 m3. Angkat telepon anda, kami menerima kartu kredit dan juga kartu debit.
  2. Hemat waktu
    Dengan MiniMix, aplikasi beton campuran akan selesai lebih cepat sehingga sangat efisien.
  3. Ketepatan
    Dibandingkan dengan pengecoran secara manual, MiniMix memberikan anda tingkat ketepatan yang tinggi dan sangat sedikit sisa material yang tersisa sehingga berarti hemat biaya.
  4. Kekuatan yang terpercaya
    Silakan pilih antara Duracon 225 (untuk kolom,tangga dan lantai) dan Duracon WT (untuk dinding dan lantai). Kedua tipe tersebut sangat mudah diaplikasikan dan dibuat dari bahan pilihan di lokasi pengolahan beton kami berada.
    (sumber utama: http://www.holcim.co.id/id/produk-layanan/beton/minimix.html)

Penawaran Produk Ready Mix Minimix

Sebagai mediator produsen ready mix berbagai batching plant, disini kami hadir dengan menawarkan produk ready mix dengan kendaraan ukuran mini tersebut.

Produk yang kami tawarkan dapat menjangkau daerah Jabotabek, meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cikarang.

Untuk melihat harga keseluruhan beton minimix silakan anda klik tautan Harga Minimix Holcimtersedia dengan berbagai mutu beton.

SUPPLY BETON

Di kota-kota besar pembangunan dibidang konstruksi sudah tidak diragukan lagi, permintaan pasokan beton ready mix hampir tiap menit.

Seperti halnya Jakarta, ya Jakarta adalah sumber perekonomian dinamis yang sudah barang tentu dituntut kecepatan dan ketapatan dalam segala hal, salah satunya penyediaan beton cor.

Peran kontraktor dalam pembangunan memang menjadi tonggak utama dalam mengejar deadline, oleh karena itu sekali lagi kami hadir untuk menjadi pelengkap pembangunan tersebut.

Dalam kancah kontraktor kami sebagai salah satu penyalur beton instan ini, siap berkontribusi dalam pemesanan segala jenis beton dengan penawaran harga beton cor terbaik

Sebagai supplier ready mix disini kami menawarkan berbagai macam mutu dan karakteristik beton dengan menggunakan truk standar maupun mini, informasi harga ready mix per m3  jayamix maupun minimix holcim holcim.

Silakan melakukan negosiasi dengan menghubungi kami pada nomor yang tertera dalam web ini, kami siap memberikan solusi dan harga terbaik bagi para aktivis konstruksi.

Penawaran Beton Lainnya

Tidak hanya ready mix minimix yang kami tawarkan, produk lainnya kami juga menawarkan ready mix dengan menggunakan truk standar, harga tersebut kami tawarkan dalam harga ready mix

Selain itu kamipun menyediakan jasa sewa kebutuhan pengecoran lainnya antara lain, concrete pump, trowel floor harderner.

Konsultasikan dengan kami mengenai kebutuhan pengecoran anda, kami siap memberikan solusi terhebat baik harga sewa pompa beton maupun konsultasi yang berhubungan dengan produk Ready Mix.

Setelah kita mengetahui pengertian ready mix dan mutu beton selanjutnya kami menjelaskan sebagian yang berhubungan dengan ready mix atau pengecoran, yaitu mengenai bahan atau material yang berkaitan.

Kebutuhan lain yang berhubungan dengan pengecoran dan hampir tidak lebas dengan cor-coran yaitu besi wiremesh, besi wire mesh merupakan rangkaian besi yang disusun membentuk grid dan diikat menggunakan kawat dari masing-masih sudud gridnya. Sudah barang tentu wire mesh tersebut dibutuhkan untuk pengikat beton sehingga struktur beton menjadi kuat.

Penawaran Wiremesh Lihat kebutuhan harga wiremesh

Bagi anda yang berada di Bandung penawaran harga Beton Jayamix

Demikian penjelasan mengenai pengertian ready mix dan mutu beton yang dapat kami susun semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan acuan dibidang ilmu teknik sipil maupun untuk pelengkap informasi harga beton yang dijual dalam web ini.

Pertanyaan dan Jawan Seputar Mutu Beton

Apa yang dimaksud Dengan Ready Mix?

Ready mix adalah campuran beton formulatif dengan campuran sesuai dengan standarisasi beton yang diproduski di batching plant

Apa yang dimaksud dengan mutu beton?

Mutu beton adalah langkah pengujian terhadap kekuatan beton dengan mengikuti standar yang telah distandarisasi, merujuk pada penggunaan beton itu sendiri sehingga penggunannyaa tepat sasaran sesuai dengan jenis bangunan yang diinginkan

Apa perbedaan K dengan Fc’

Mutu beton dengan inisial K adalah kode untuk karakteristik ukuran kiloggram yang diterapkan untuk mendefinisikan kuat tekan beton. Sedangkan mutu fc ialah perhitungan kuat tekan beton dalam satuan mpa/megapascal. Mutu beton dengan kode K mengacu pada peraturan beton indonesia BI 1971 N.1.-2 (Peraturan Beton Bertulang Indonesia), adapun mutu beton fc mengacu pada peraturan terbaru SNI 03-2847-2002

Apa perbedaan utama site mix dengan ready mix?

Perbedaan keduanya adalah beton Site Mix mencampur material beton berdasarkan komposisi tepat di lokasi (cast in situ) pengecoran yang akan dilaksanakan, sedangkan ready mix beton yang dicampur di pabrik beton atau batching plant

Apa kelebihan site mix?

Dapat dilakukan oleh semua orang di semua tempat dan kondisi

Apa kekurangan site mix?

Tidak cocok untuk skala besar dan bila ini tetap dilaksanakan akan menguras waktu dan biaya yang cukup besar

Apa kelebihan ready mix?

Lebih cocok untuk pengecoran dengan skala besar, secara komposisi mutu beton dapat diandalkan

Apa Kekurangan ready mix?

Karena pengiriman menggunakan truk molen maka tidak semua lokasi jalan dapat dilalui nya

Apakah kualitas beton site mix lebih unggul daripada ready mix?

Selama takaran mutu beton mengikuti mix design yang telah ditentukan oleh aturan mutu beton, secara kualitas tidak ada perbedaannya

Apa yang dimaksud dengen ready mix struktural?

Istilah ini untuk kalsifikasi kebutuhan dalam beton ready mix dalam penjualan, yaitu jenis ready mix untuk bangunan yang memiliki penulangan secara khusus

Apa mutu beton yang paling bagus untuk pengecoran lantai?

Untuk kebutuhan pengecoran lantai yang tidak biayanya menggunakan beton Kb0, K 100, K125, K150, K175, selama tidak untuk dilalui oleh kendaraaan.

17 Comments

  1. Hendarsyah Juni 12, 2017
  2. Urang Bandung Januari 3, 2018
  3. Indoprecast Januari 11, 2018
  4. Alwin Januari 27, 2018
    • Mitra Ready Mix Januari 30, 2018
  5. Didik rohmawan Januari 29, 2018
    • Mitra Ready Mix Januari 30, 2018
  6. Yoko April 22, 2018
    • Mitra Ready Mix April 24, 2018
  7. Ilmubeton. Juli 2, 2018
    • Mitra Ready Mix Juli 4, 2018
  8. Pram Oktober 14, 2018
  9. Harga Ready Mix Oktober 27, 2018
    • Mokhamd yusuf April 17, 2019
      • Mitra Ready Mix April 18, 2019
  10. ning yulianti12 April 6, 2019

Tinggalkan Balasan

Silakan hubungi kami melalui layanan chat Whatsapp untuk berkonsultasi mengenai produk yang kami jual dalam web ini
WeCreativez WhatsApp Support
Ikhsan
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Ponijo
Tersedia