Silakan hubungi kami melalui layanan chat Whatsapp untuk berkonsultasi mengenai produk yang kami jual dalam web ini
Chat WhatsApp
Ikhsan
Chat WhatsApp
Ponijo

Langkah Membuat Campuran Beton untuk Pengecoran Skala Kecil

Langkah Membuat Campuran Beton untuk Pengecoran Skala Kecil
Juni 29, 2018 Mitra Ready Mix
Langkah Membuat Campuran Beton untuk Pengecoran Skala Kecil

Membuat Campuran Beton Untuk Pengecoran

Sebuah konstruksi besar tentu membutuhkan suplai beton yang sangat besar pula. Beton ini bisa didapat dengan cara memakai beton precast, readymix maupun site mix. Penggunaan alat besar mampu mendukung kapasitas produksi hingga kuantitas dan kualitasnya terjamin.

Namun, bagaimana dengan cara membuat beton sendiri untuk proyek kecil di rumah? Tentunya ada cara sendiri membuat campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil tanpa memakai mesin.

Materi ini lebih kepada cara membuat sebuah adonan beton untuk pengecoran skala terbatas, namun bila anda memerlukan tanpa harus repot-repot membuat campuran tersebut dapat anda lihat pada laman harga readymix

Banyak mutu dan jenis beton yang kami tawarkan, anda juga dapat melihat harga beton cor tiga roda maupun penawaran lain yaitu harga Jayamix, secara lengkap kami tawarkan untuk kebutuhan pengecoran skala kecil dan besar

Membuat Campuran Beton untuk Proyek-proyek Skala Kecil

Mesin mixer semen sangat cocok untuk membuat beton, dengan mencampur semen, batu dan pasir secara menyeluruh untuk memberikan hasil yang konsisten. Tapi untuk peroyek kecil di rumah, mungkinkah mencampur beton dengan tangan tanpa mesin mixer beton?

Jawabannya ya. Sangat mungkin bagi Anda untuk membuat sendiri campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil dengan hasil yang bagus dan juga konsisten.

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mempersiapkan bahan dan alat. Bahannya cukup mudah ditemui di toko bangunan. Sedangkan alatnya, mungkin Anda sudah memilikinya di rumah. Jadi, tinggal mengaplikasikan langkah dan cara membuatnya saja. Tidak terlalu rumit, namun butuh tenaga dan energi yang cukup besar. Utamanya dalam proses pengadukan bahan dan material.

Yang Anda butuhkan untuk mencampur beton adalah bahan-bahan berupa:

  • Pasir
  • Agregat kasar atau kerikil (tergantung jenis beton)
  • Semen
  • Air

Sedangkan alatnya, sangat sederhana, yaitu berupa sekop dan ember. Sekop berguna untuk mencampur semua agregat dengan air serta semen. Sedangkan ember akan bisa dimanfaatkan untuk mengangkut beton basah ke tempat pengecoran.

Selain itu, sediakan pula tempat untuk mengecor. Karena bukan proyek besar, maka Anda tak butuh ruang besar untuk membuat campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil di rumah Anda.

Cara Buat Cor

Langkah Membuat Campuran Beton untuk Proyek-Proyek Skala Kecil

Cara membuat beton cari bahan di atas cukup mudah dan simpel. Tidak butuh tenaga professional dalam proses pembuatannya. Berbeda dengan beton yang dibuat untuk skala besar seperti pondasi rumah atau pabrik, maka penentuan kuta beton pun harus dilakukan karena bisa menjadi dasar dari kokoh atau tidaknya bangunan.

Sedangkan untuk proyek kecil di rumah seperti membuat pagar, memperbaiki beton yang retak dan beberapa aplikasi lainnya di rumah, campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil cukup sederhana. Bahkan tak butuh mesin sama sekali. Yang diperlukan di sini adalah material, alat sederhana, dan juga tenaga manusia. Lalu, bagaimana menggabungkan atau mencampur semua material beton yang disiapkan?

Caranya ialah dengan:

  1. Cari tempat untuk mengolah atau mengaduk beton bsah nantinya
  2. Jika lokasi pencampuran beton berupa tanah, maka bisa melapisinya dengan plastik agar campuran beton tak bercasmpur dengan tanah dan kotoran lainnya.
  3. Ukur bahan yang dipakai dalam pembuatan beton
  4. Setelah itu, tempatkan agregat berupa kerikil dan pasir ke dalam tumpukan pada lembaran plastik tersebut
  5. Tambahkan semen di atas nya dengan porsi yang cukup
  6. Campur dengan sekop semua  bahan di tumpukan ke satu sisi. Langkah ini butuh energi yang cukup karena harus dipastikan benar bahwa semua material tercmapur rata
  7. Buat kawah yang dalam di tumpukan dan tambahkan air
  8. Aduk kembali campuran tersebut perlahan. Lakukan dari satu sisi ke sisi lainnya
  9. Pastikan air terdistribusikan dengan merata ke dalam campuran beton tersebut

Jika campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil tersebut sudah selesai dan sempurna, maka tinggal diangkut dengan ember ke tempat pengecoran dilakukan.

Cukup mudah, bukan? Karena tidak memakai mesin, maka tenaga manusia dan energi sangat diperlukan dalam bidang ini. Belum lagi hasil cor basah harus diangkut dan dituangkan kembali ke lokasi pengecoran sederhana tersebut. Sekedar tambahan dan pengenalan anda dalam pembuatan takaran ini anda dapat melihat penjelasan mengenai mutu beton

Itulah tadi beberapa langkah mudah dan sederhana untuk membuat sendiri beton untuk proyek kecil di rumah. Bagi yang tidak mau ribet, bisa juga memiliki untuk memakai drymix, merupakan kantong berisi beton pra-campur yang belum diberi air.

Membuat Cor Sendiri

Pada beberapa toko bangunan besar, sudah terdapat jenis bahan bangunan ini. Keunggulannya ialah memiliki takaran dan proporsi dari material yang baik dan konsisten karena tak perlu meracik sendiri bahan yang diperlukan.

Di dalam sekantong drymix, terdapat semua bahan kering untuk campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil. Bahan kering ini berupa agregat halus maupun kasar dan semen. Jika ingin membuat campuran semen basah, maka tinggal memberinya air dan menuangkannya pada lokasi pengecoran.

Namun, membuat campuran beton sendiri di rumah tentunya lebih murah dibanding membeli drymix di toko. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih felksibel dalam menentukan konsistensi beton, mau kasar maupun halus.

Baca juga: Pengertian Ready Mix

Jadi, untuk sebuah proyek kecil di rumah, tak butuh mengeluarkan banyak uang, apalagi sampai harus menyewa mesin truk mixer. Cukup pakai bahan dan alat sederhana, maka semua proyek di rumah sudah bisa diselesaikan.

Manfaat Campuran Beton untuk Proyek-Proyek Skala Kecil

Beberapa proyek kecil di rumah mungkin cocok memakai jenis beton yang dibuat sendiri. Beberapa dianranya:

  1. pemasangan tiang
  2. membuat bantalan beton
  3. membuat tangga pintu
  4. membuat lantai untuk gudang dll

selain beberapa proyek di atas, campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil bisa pula dipakai untuk perbaikan atau penambalan beton yang rusak maupun retak di rumah. Tentunya akan lebih hemat dengan memanfaatkan tenaga dan energi yang dimiliki untuk membuat rumah nampak lebih baik.

Campuran tersebut bisa terdiri dari komposisi di bawah ini:

  • 1 bagian semen
  • 2 bagian pasir
  • 4 bagian batu (agregat)

Campuran pasir dan batu tajam, bisa  dicampur 6 banding 1 dengan semen.

Jika ingin beton lebih kuat dan lebih keras, maka perbandingan komposisinya adalah:

  • 1 bagian semen
  • 2 bagian pasir
  • 3 bagian batu (agregat)

Idealnya batu harus berukuran 15 hingga 20 mm.

Jika kompisisi semua bahan sudah dijelaskan di atas, lalu berapa banyak air yang harus ditambahkan untuk membuat beton basah?

Untuk lebih spesifiknya, jumlah maksimal air yang harus ditambahkan adalah 0,55 kali berat semen. Jadi untuk 25 kg semen yang dipakai, memakai perhitungan berikut ini:

25 x 0,55 = 13,75 kg atau 13,75 liter

Dalam pembuatan beton yang bagus dan bermutu, air harus bersih, sama seperti air yang digunakan untuk minum.

Kenapa harus demikian? Dengan penggunaan air bersih tanpa adannya kotoran maupun zat lainnya, akan mampu membuat campuran beton untuk proyek-proyek skala kecil menjadi bagus dan berkualitas.

Maka, bagi Anda yang ingin membuat sendiri campuran beton, perlu memperhatikan dengan seksama cara pencampuran di atas. Dengan demikian, maka Anda bisa lebih berhemat untuk menyelesaikan setiap proyek kecil di rumah yang bisa Anda kerjakan sendiri dengan tenaga dan kreativitas.

Comment (1)

  1. Eni Nur Hidayati 7 bulan ago

    Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://jasakontraktor-architectjogja.com/ . Sukses selalu

Tinggalkan Balasan